oleh

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kejari Banggai Laut Gelar Berbagai Lomba

SULTENG – Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri Kabupaten Banggai Laut bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Balut, Sulawesi Tengah, turut meriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 94 tahun 2022 melalui berbagai perlombaan yang diikuti oleh siswa siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se- Kabupaten Banggai Laut.

Jenis yang dilombakan adalah, Pidato Bahasa Inggris tingkat SMP dan SMA sederajat, pagelaran Busana Adat Banggai. maupun lomba Video Pendek tentang potensi daerah seperti potensi pariwisata, perikanan yang pesertanya terbuka untuk umum.

Kegiatan yang digelar di gedung serba guna H. M Ali Hamid, Selasa (25/10/2022) tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Balut, Sofian Kaepa, S.H. Acara ini pula diharapkan, agar generasi muda dapat mengembangkan jiwa berkarya serta menyalurkan kreativitasnya secara positif sebagai bentuk semangat kebangsaan guna semakin mempererat persatuan dan kesatuan NKRI.

Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut Reinhard Tololiu, S.H., M.H mengatakan, perlombaan ini merupakan wadah berekspresi, menunjukkan kemampuan sambil membenahi kekurangan.

Menurutnya lagi, makna lomba yaitu bagi yang dapat predikat juara tentunya semakin termotivasi untuk meningkatkan kemampuan. Sebab, mempertahankan itu lebih sulit dari merebut. Namun bagi yang belum berhasil memperoleh predikat juara, hendaknya ini menjadi sarana intropeksi letak kekurangannya sehingga ke depan bisa diperbaiki.

“Tetapi lomba sesungguhnya untuk adik-adik, yakni mengantikan kita semua. Menggantikan pak bupati, saya, pak kapolres, pak sekda, pak kapolsek, bapak ibu kepala dinas. Itulah lomba yang sesungguhnya. Terimakasih, kepada KNPI dan IAD yang telah membantu sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Pesan saya untuk adik-adik, tetap menjaga persatuan dan kesatuan, seperti sumpah pemuda yang bergema 94 tahun lalu,” ujar Kajari, sembari memotivasi.

Ditempat yang sama Bupati, Sofian Kaepa S.H. menandaskan, sebagai generasi penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya, dengan melakukan berbagai hal positif agar menumbuhkan kecintaan dan semangat nasionalisme sesuai tema Hari Sumpah Pemuda kali ini “Bersama Pemuda Kreatif dan Inovatif Bersatu Membangun Bangsa”. Ia juga menyebut, majunya Banggai Laut tidak terlepas dari peran generasi muda.

“Daerah ini mampu bersaing dengan daerah-daerah lain yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah, karena ada pemuda yang Kreatif dan Inovatif,” kata Bupati Sofyan. (HT).